Entertainment

4 Bagian Lagu yang Wajib Kamu Tahu

Bagian lagu

Siapa yang tidak menyukai lagu? Pastinya setiap orang memiliki lagu favorit dalam hidupnya, baik lagu yang memiki kenangan tersendiri ataupun karena melodi lagunya yang indah, namun belum tentu setiap orang memahami bagian-bagian apa saja yang terdapat dalam sebuah lagu.

Berikut adalah bagian dalam sebuah lagu yang wajib kamu ketahui:

1. Intro/Introduction

Nada

Intro ialah awal dari suatu lagu yang merupakan pengantar lagu tersebut. Intro juga bermanfaat memberikan jeda untuk vokalis dan pendengar untuk mempersiapkan diri sebelum lagu benar-benar dimainkan. Biasanya musik pengisi intro dapat berupa musik instrumental atau suara vokal yang nadanya dipungut dari reff lagu.

Namun ada pun yang menciptakan nada intro sendiri yang bertolak belakang dengan nada ditengah lagu. Intro pun terbagi menjadi Intro awal, Intro tengah, dan Intro akhir. Intro awal terletak di depan lagu. Intro tengah seringkali diletakkan sesudah Reff/Chorus dan Intro akhir pada Coda/Ending.

2.Verse

Verse

Bisa disebut pun bait. Verse ialah pengantar suatu lagu sebelum lagu masuk ke unsur Chorus. Verse tidak jarang disebut unsur “basa-basi” dari suatu lagu. Sebuah lagu yang baik bahkan mempunyai Verse yang powerful secara melodik dan harmonik yang tidak kalah dengan unsur reff-nya. Bagian Verse bukan bagian yang klimaks pada lagu. Hanya berupa pendahuluan dan mengandung kalimat-kalimat pembuka.

3. Bridge

Bridge

Bridge ini seringkali dipakai guna menjembatani antara bagian-bagian lagu. contohnya menjembatani antara Chorus dengan Verse atau kebalikannya bahkan Bridge juga digunakan untuk menjembatani antara Chorus dengan Chorus yang Modulasi (naik nada dasar), sampai-sampai Modulasi tidak terdengar ganjil. Nada yang dimainkan pada Bridge seringkali dibuat sangat bertolak belakang dengan nada pada Verse dan Chorus.

Namun kita akan tetap menyaksikan unsur keselarasan karena faedah Bridge tersebut sendiri ialah jembatan penghubung antara kedua unsur yang bertolak belakang sehingga peralihan dari Verse ke Chorus tidak terdengar janggal. Untuk sejumlah lagu terdapat yang memakai Bridge dan terdapat yang tidak. Lagu yang memakai Reff seringkali tidak memakai Bridge.

4. Chorus dan Reffrain (Reff)

Reff

Chorus dan Reff sebetulnya berbeda, persamaannya, keduanya ialah inti pesan/inti kisah dari lagu. Banyak yang seringkali tertukar dalam membedakan keduanya. Perbedaan Chorus dan Reff merupakan:

Chorus adalah bagian yang sangat ditunggu-tunggu dalam suatu lagu, seringkali statement atau tujuan utama lagu terdapat di unsur ini. Chorus mempunyai nilai excitement yang lebih tinggi dari Verse. Nada yang ada pada Chorus seringkali sudah melalui pengembangan lebih lanjut dari Verse, yang berisi lompatan klimaks. Chorus memakai pola nada yang bertolak belakang dan lebih nyaman daripada Verse, kord yang dipakai pun bertolak belakang dengan Verse.

Reff lebih simpel daripada Chorus, Reff/Reffrain yang bermakna pengulangan seringkali menggunakan bagian berbeda dari lagu (biasanya Verse), guna diulang di unsur ini. Notasi pengulangannya sama dan syairnya juga sama, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa jadi syairnya dimodifikasi, tetapi notasi atau nadanya tetap memakai nada yang sama. Inilah yang biasanya tertukar, Reff dianggap Chorus dan demikian sebaliknya.

Contoh lagu dengan pemakaian reff yang nyaris serupa dengan keterangan diatas ialah Ode to My Family yang dibawakan oleh The Cranberries. Terus kunjungi Beritakubaru.com untuk update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top