Entertainment

8 Manfaat Bernyanyi yang Harus Kamu Tahu

Penyanyi solo Raisa bernyanyi menghibur fansnya Your Raisa di Margo City, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/5)

Kebanyakan orang tentu pernah bernyanyi, meski cuma sekali dalam kehidupannya. Lagi pula bernyanyi, tidak mesti harus ikuti kontes menyanyi serta jadi biduan profesional dahulu kan? Yang utama yakni dapat menghibur diri, meskipun hanya bergumam atau bersiul-siul.

Saat menyanyi atau memperhatikan lagu favorit, terlihat perasaan suka, bahagia, seakan-akan seluruh persoalan hidup hilang saat itu juga. Semua vokalis pasti menikmati hal semacam ini. Menyanyi memang paling identik dengan kesehatan emosional.

Manfaat menyanyi untuk kesehatan

Manfaat-menyanyi

  1. Menyehatkan paru-paru. Dengan bernyanyi, paru-paru anda akan sehat dan kuat, urusan ini terjadi sebab adanya kontraksi otot.
  2. Meningkatkan energi. Saat bernyanyi, tubuh akan mencungkil hormon endorfin yang dapat membuat anda lebih energik dan berenergi. Pelepasan hormon endorfin ini juga dapat meningkatkan mood atau keadaan hati kita.
  3. Menjaga suara tetap nyaring. Bernyanyi merupakan teknik yang baik untuk pelajaran pita suara dan mengawal suara supaya tetap bening dan nyaring.
  4. Menguatkan otot. Otot yang dikuatkan ialah otot perut, khususnya diafragma. Namun, ini terjadi bila teknik bernyanyinya benar, yaitu memakai otot perut, sebab kita masih sering menjumpai orang berdendang menggunakan otot leher.
  5. Membuat wajah terlihat muda. Ini terjadi dikarenakan ketika bernyanyi, otot-otot wajah anda akan menjadi kuat, kencang, sampai-sampai wajah pun terlihat muda.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat terjadi Karena ketika bernyanyi, sirkulasi darah dalam tubuh anda meningkat, sampai-sampai akan terjadi oksidasi sel karena proses ini. Hasilnya imunoglobulin A dan sel T dalam tubuh yang bermanfaat untuk mengayomi tubuh dari infeksi enteng pun ikut meningkat.
  7. Menyembuhkan insomnia. Insomnia menciptakan mood kita jadi jelek. Cobalah bernyanyi. Stres yang hilang karena berdendang akan menciptakan kita segera memejamkan mata.
  8. Memperbaiki postur tubuh. Posisi berdendang yang benar, menciptakan postur tubuh bakal tertata. Punggung dan bahu menjadi lurus, dan kesudahannya postur tubuh juga menjadi lebih baik.

Inilah-Manfaat-menyanyi

Kesimpulan ini didapat sesudah tim peneliti dari Harvard University, AS, meminta semua pasien di sebuah lokasi rumah sakit guna menghafalkan lirik dan mendendangkan lagu kesenangan mereka setiap 5-6 kali dalam seminggu.

Hasilnya, lebih dari 70 persen pasien merasakan pemulihan lebih cepat dari estimasi dokter sebelumnya. Peneliti berpikir bahwa berdendang dapat memindahkan perhatian pikiran yang memprovokasi rasa sakit. Dan sejumlah responden menyatakan bahwa dengan berdendang secara rutin, rasa sakit mereka mulai berkurang.

Hal senada juga dikatakan Professor Graham Welch dari sekolah musik di Institut Pendidikan Universitas London, Inggris.

Beliau mengaku bahwa berdendang dapat menyehatkan jantung dan paru-paru, karena berdendang merupakan kegiatan aerobik yang dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan menambah efisiensi sistem kardiovaskular.

Terus kunjungi Beritakubaru.com untuk update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top