Food

5 Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicoba Saat Wisata Kuliner

Makanan-khas-semarang

Beritakubaru.com – Semarang yang merupakan salah satu wilayah di Indonesia dan termasuk sebagai kota terpadat, mempunyai menu dari 5 makanan khas Semarang yang menjadi ciri khas tersendiri.

Makanan ini biasanya wajib untuk dikonsumsi saat datang ke Semarang. Berikut ini merupakan 5 dari sekian banyak makanan khas Semarang yang wajib Anda coba.

1. Nasi Ayam Semarang

Nasi-ayam-semarang

List pertama dari 5 makanan khas Semarang adalah nasi ayam Semarang. Sekilas jika dilihat, nasi ayam ini memiliki tampilan seperti nasi liwet yang merupakan makanan khas Solo.

Ini disebabkan karena nasi ayam ini menggunakan nasi putih yang gurih (nasi gurih) yang kemudian di bagian atasnya diberi suwiran ayam, sambal goreng labu siam dan krecek, telur pindang, tahu putih dan disiram dengan kuah santan.

Kuah yang dipergunakan berwarna kuning sehingga jika Anda menggunakan kuah yang cukup banyak, tampilannya akan seperti gudeg.

Untuk pelengkapnya, Anda bisa memilih sate usus, sate telur ataupun paha, dada, sayap sesuai dengan yang Anda inginkan. Penyajiannya bisa menggunakan piring namun bisa juga menggunakan daun pisang yang dipincuk.

2. Bandeng Presto

Bandeng-Presto

Ke Semarang tanpa mencoba bandeng presto itu rasanya kurang lengkap. Lauk untuk makanan berat ini paling pas kalau dimakan bersama dengan nasi yang masih hangat.

Bandeng presto sendiri terbuat dari bandeng yang kemudian dibumbui dengan bumbu halus dari bawang putih, kunyit dan garam. Setelah itu menggunakan alas daun pisang dan dipresto.

Presto sendiri merupakan cara memasak menggunakan uap bertekanan tinggi. Uap tersebutlah yang akan mematangkan makanan yang ada di bagian dalam panic.

Dalam perkembangannya, makanan yang ditemukan pertama kali di Pati oleh Hanna Budimulya ini, dimasak hingga durinya berubah jadi lunak dan bisa dikonsumsi.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Pertanyaan Jebakan Yang Muncul Pada Sesi Wawancara Kerja

3. Garang Asem

Garang-Asem

Jika melihat namanya, orang yang belum mencoba akan berpikiran, garang asem adalah makanan yang dibakar yang rasanya asem.

Makanan dari Semarang ini menggunakan ayam sebagai bahan utamanya, dan dimasak dengan bumbu bersantan, belimbing wuluh, tomat dan cabai. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan lidi, setelah itu dikukus.

Untuk mendapatkan cita rasa yang semakin enak, Anda wajib mencobanya dengan nasi hangat. Sedangkan untuk lauk sendiri, Anda bisa menambahkan tempe goreng, sate usus, sate telur.

4. Mie Kopyok

Mie-Kopyok

Terutama untuk pecinta mie, mie kopyok memiliki tampilan seperti mie kocok Bandung. Bedanya, mie kopyok ini tidak dibuat menggunakan olahan daging.

Kuah yang dipergunakan terbuat dari rempah sedangkan isiannya dari potongan lontong, daun seledri, irisan tahu pong, tauge dan diberi kerupuk remah. Sehingga cocok untuk Anda yang vegetarian.

5. Soto Bangkong

Soto-Bangkong

Soto ini bukan berasal dari Thailand ataupun berisi katak (bangkong), melainkan salah satu olahan soto yang sudah ada sejak tahun 1950an.

Posisi tempat yang menjual soto ini ada di perempatan Bangkong di Jalan Brigjen Katamso. Soto yang memiliki kuah agak kecoklatan ini menggunakan isian suwiran ayam, tauge, bihun, irisan tomat, taburan bawang merah dan putih yang digoreng.

Sebelum makan, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis, ditambah dengan aneka lauk pelengkap. Misalnya perkedel, sate telur burung puyuh, sate kerang, tempe goreng.

Itulah 5 makanan khas Semarang. Sekarang Anda jadi semakin tahu bukan, bahwa Semarang tidak hanya kaya akan makanan ringan seperti lumpia namun juga makanan berat seperti menu yang sudah disebutkan di atas.

Semoga informasi tersebut menambah wawasan Anda dan selamat berkuliner!

Baca juga: 10 Game Online PC Ringan yang Recommended

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top