Mengenal Pengertian Growth Mindset Dan Manfaatnya

Mengenal Pengertian Growth Mindset Dan Manfaatnya

Advertisements

Mengenal Pengertian Growth Mindset Dan Manfaatnya 

Scott B Harris
Sumber: Scott B Harris

Apakah pernah terpikir oleh kamu bahwa untuk meraih kesuksesan tidak hanya bisa mengandalkan kemampuan dan bakat saja? Kenyataannya dalam kehidupan seseroang, dengan hanya mengandalkan kemampuan dan bakat saja rasanya belum cukup untuk mencapai kesuksesan. Masih ada faktor lain yang bisa mengantar seseorang mencapai kesuksesan, yakni pola pikir yang baik yaitu growth mindset.

Ada dua jenis pola pikir manusia, salah satunya yaitu growth mindset. Apa itu? Growth mindset adalah salah satu kunci bagi seseorang untuk meraih kesuksesan. Untuk informasi selengkapnya, simak penjelasan berikut ini !

1. Pengertian Growth Mindset 

What's New in the Science on Mindsets - You may have heard - Forshay
Sumber: Forshay

Growth mindset adalah pola pikir seseorang yang memahami bahwa kemampuan atau bakat yang dimilikinya sejak kecil merupakan sebuah permulaan. Mereka percaya bahwa kemampuan dan bakat yang dimilikinya bisa terus berkembang dengan kerja keras serta dedikasi. Mereka menanamkan mindset untuk terus belajar dan memahami dunia. 

Seseorang yang memiliki pola berkembang ini cenderung ingin mendapatkan proses belajar yang bermakna dan berpengaruh terhadap hidupnya. Pemilik growth mindset tidak hanya ingin terlihat pintar atau terlihat menguasai suatu permasalahan. Mereka sangat menghargai proses dan menjadikan kegagalan bukan akhir dari segalanya, justru menjadikannya sebagai tangga untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Karena itu, pemilik growth mindset bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses. 

Saat mengalami kegagalan, reaksi pemilik growth mindset terhadap permasalahan yang dialaminya bisa mencerminkan pola pikirnya. Namun, perlu diketahui bahwa growth mindset tidak bersifat genetik dan juga ada beberapa faktor dalam pembentukannya. Pola pikir berkembang tidak bersifat permanen dan dapat berubah secara ekstrim karena dipengaruhi oleh peristiwa – peristiwa yang terjadi di dalam hidupnya. 

2. Manfaat Growth Mindset

Wellness Wednesday: Fixed Mindset vs. Growth Mindset - AY Magazine
Sumber: AY Magazine

Pola pikir berkembang ini dipercaya sebagai salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kehidupan seseorang. Lantas, sebenarnya apa manfaatnya bagi kehidupan seseorang? Berikut penjelasannya :

  • Menyadari Bahwa Kegagalan Bukanlah Tanda Ketidamampuan

Orang – orang yang memiliki growth mindset bisa lebih mudah menerima kegagalan. Mereka bisa menyadari bahwa kegagalan bukanlah hasil mutlak. Hal itu dikarenakan mereka bisa menyadari bahwa bagian terpenting dalam melakukan sesuatu adalah prosesnya. Mereka bisa banyak belajar dari banyak proses yang akhirnya mengantarkan mereka mencapai kesuksesan. 

Kuncinya adalah kamu jangan ragu, malu, atau malas – malasan untuk belajar dan berproses. 

Advertisements
  • Melihat Masalah Sebagai Tantangan yang Harus Diselesaikan

Orang – orang yang memiliki growth mindset akan melihat masalah sebagai sebuah tantangan yang memiliki pemecahan dan bukan rintangan yang tidak ada penyelesaiannya. 

Bagi mereka, permasalahan yang muncul menjadi tantangan untuk bisa mengasah kemampuan berpikir kritis dan analistis. Pola pikir yang disertai optimisme akan membuat seseorang mampu menyelesaikan permasalahan yang ada. 

  • Menjadi Produktif

Pola pikir utamanya yaitu kemampuan dan bakat seseorang merupakan sesuatu yang selalu bisa dikembangkan. Mengembangkan kedua hal itu tentu akan membuat seseorang harus mengeksplorasi banyak hal. 

Pemilik pola pikir berkembang ini akan memiliki keberanian untuk mencoba banyak hal baru, menantang diri sendiri, dan pastinya mereka bisa meraih hal – hal yang dianggap mustahil oleh kebanyakan orang. 

Pola pikir berkembang ini tidak akan membatasi kemampuan dan bakat seseorang. Terus belajar dan bisa berkembang menjadi tujuan hidupnya. 

Salah satu contoh mudah untuk menerapkan growth mindset dalam kehidupan sehari – hari adalah menghargai kritikan yang membangun dengan lapang dada. Coba fokus pada kritikan yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan kemampuan dan jadikan sebagai pacuan untuk menjadi lebih baik. 

Baca juga: Yuk Belajar Skill yang Harus Dipelajari di 2021

Advertisements

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *