Kesehatan

Berikut Fakta-fakta Golongan Darah A Secara Ilmu Medis

Fakta-Golongan-darah-A

Secara ilmiah, orang yang golongan darah A ini memiliki antingen A dan memproduksi antibody B, yang berfungsi untuk melawan sel darah merah dengan antigen B.

Itu artinya, orang yang bergolongan darah A dapat mendonorkan darah kepada orang-orang yang bergolongan darah A dan AB.

Saat menerima darah, orang yang bergolongan darah A hanya dapat menerima donor darah dari golongan A dan O saja. Akan tetapi, dalam penentuan golongan darah untuk donor tersebut tetap harus mempertimbangkan faktor Rheus pada penggolongan darahnya.

Pembicaraan mengenai fakta golongan darah A dari waktu ke waktunya ini selalu menjadi pembahasan yang selalu menarik, baik dikalangan medis maupun dikalangan masyarakatnya.

Dalam beberapa dekade terakhir, ada sejumlah penelitian yang mengkalim bahwa golongan darah itu sangat erat kaitannya dengan resiko pada penyakit tertentu. Itu artinya, seseorang dengan golongan darah tertentu memiliki kelemahan terhadap jenis penyakit tertentu.

Berdasarkan dari hasil penelitian, ada beberapa fakta kesehatan yang terdapat pada orang-orang yang bergolongan darah A.

Menurutnya, orang yang bergolongan darah A ini sangat rentan terhadap beberapa jenis penyakit seperti kanker, diabetes 2, dan kardiovaskular. Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang fakta golongan darah A, mari sama-sama kita simak saja langsung penjelasannya dibawah ini.

Golongan-darah

1. Penyakit Kardiovaskular

Mungkin sebagian besar masyarakat kita belum terlalu familiar dengan istrilah penyakit kardiosvakular. Perlu kalian ketahui, bahwa penyakit kardiosvakular ini merupakan sebuah penyakit jantung bawaan. Menurut para medis, orang yang bergolongan darah A lebih rentan terhadap penyakit tersebut ketimbang orang-orang yang bergolongan darah O.

Penyakit kardiosvakular itu sendiri disebabkan karena adanya penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah sehingga bisa akan memicu serangan jantung, dan rasa sakit pada bagian dada. Tak hanya sampai disitu saja, kondisi tersebut juga bisa mengundang penyakit stroke lho.

Penyakit kardiosvakular ini terbagi kedalam beberapa kategori sebagai berikut => gagal jantung, penyakit jantung katup, gangguan ritme jantung (aritmia), dan penyakit jantung koroner.

Adapun mengenai beberapa pencegahan penyakit kardiosvakular sebagai berikut => pola makan yang baik, berhenti merokok, berhenti minum minuman beralkohol, waktu tiddur yang mencukupi, batasi konsumsi makanan berlemak, dan lain sebagainya.

2. Penyakit Kanker Lambung dan Penyakit Kanker Pankreas

Selain rentan terhadap penyakit kardiosvakular, orang yang bergolongan darah A juga sangat rentan terhadap penyaki kanker lambung dan kanker pankreas.

Hal itu juga dibenarkan oleh para peneliti, yang menyebutkan bahwa 7 dari 10 orang yang bergolongan darah A ini memiliki resiko penyakit kanker lambung dan kanker pankreas pada rentang usia 40 – 70 tahun.

Sebagai pencegahannya, kita dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi serat, vitamin, berhenti konsumsi alcohol, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, kita juga dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan yang memiliki kadar garam tinggi.

3. Penyakit Diabetes Tipe 2

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, orang-orang yang bergolongan darah A ini sangat rentan terhadap penyakit diabetes tipe 2. Penyakit yang satu ini merupakan bentuk umum dari diabetes, yang terjadi karena kadar glukosa atau kadar gula dalam tubuh mengalami peningkatan yang sangat tinggi.

Para penderita diabetes 2, biasanya insulin dalam tubuhnya tidak dapat difungsikan dengan optimal. Adapun mengenai beberapa faktor penyebabnya seperti karena jarang berolahraga, dank arena faktor genetika alias keturunan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa fakta golongan darah dari sisi medis, yang semoga saja menjadi ilmu bermanfaat bagi kita semua.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top