Kesehatan

Pengertian Gagal Jantung Yang Harus Kalian Ketahui

Penyakit-jantung

Beritakubaru.comGagal jantung merupakan sebuah kondisi, dimana jantung kita tidak lagi mampu memompa darah dan oksigen dengan baik ke seluruh organ tubuh.

Alhasil, kondisi tersebut akan membuat banyak organ tubuh yang fungsinya menjadi terganggu. Lantas, seperti apakah gejala yang ditimbulkannya?

Gejala Dari Gagal Jantung

  1. Sesak nafas, terlebih ketika anda melakukan aktivitas fisik atau saat berbaring.
  2. Terjadi pembengkakan di bagian tubuh tertentu (biasanya di pergelangan kaki).
  3. Detak jantung yang menjadi lebih cepat.
  4. Mudah lelah, terlebih ketika berolahraga atau melakukan aktivitas fisik tertentu.
  5. Nafsu makan menjadi berkurang.
  6. Sering buang air kecil di malam hari.
  7. Batuk-batuk yang tidak kunjung membaik dan dirasakan memberat saat malam tiba.
  8. Sulit focus dan kehilangan konsentrasi.

Jika anda mendapati gejala-gejala yang seperti diatas tadi, maka segera periksakan diri anda ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Pasalnya, bisa jadi juga bahwa gejala-gejala tersebut berupa penyakit lain, sehingga dibutuhkan pemeriksaan dari dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman? Ini Dia Jawabannya

Penyebab Gagal Jantung

Pada dasarnya, kondisi gagal jantung ini merupakan sebuah penyakit kronis yang akan membuat jantung menjadi kaku, lemah, dan bekerja lebih keras dalam jangka panjang.

Selain itu, gagal jantung juga akan mengalami kerusakan structural pada bagian otot atau katup jantung. Menurut informasi yang didapat, ada beberapa penyakit tertentu yang menjadi penyebab gagal jantung seperti:

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner ini dikarenakan adanya penyumbatan oleh plak, sehingga dapat menghambat pembuluh darah pada organ jantung.

Akibatnya, otot jantung akan mengalami kerusakan dikarenakan kurangnya pasokan oksigen, sehingga jantung tidak bisa lagi memompa darah dengan baik.

Nah, hal tersebutlah yang membuat para penderita penyakit jantung koroner sangat beresiko mengalami gagal jantung.

Hipertensi

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan nama tekanan darah tinggi, merupakan sebuah penyakit yang juga dapat memicu gagal jantung lho!

Ketika tekanan dalam pembuluh darah terlalu tinggi, maka akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras agar bisa memompa darah dan menyuplai-nya ke seluruh organ tubuh.

Jika tekanan darah tinggi ini tidak segera diobati, maka otot jantung pun akan bekerja lebih berat untuk memompa darah.

Apabila beban kerja jantung yang terlalu berat, tentunya otot jantung bisa menjadi lebih kaku sehingga fungsi jantung dalam memompa darah akan terganggu.

Diabetes

Menurut para dokter, yang menyebutkan bahwa resiko penderita diabetes mengalami gagal jantung itu jauh lebih tinggi.

Bahkan, resiko tersebut akan semakin besar ketika kadar gula darah penderita diabetes tidak terkontrol atau cenderung tinggi.

Salah satu alasan mengapa penyakit diabetes dapat memicu gagal jantung, yakni karena bisa menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah jantung dan ginjal, sehingga fungsi jantung menjadi terhambat.

Bukan hanya itu saja, alasan lainnya adalah karena gula darah yang tinggi akan membuat darah pekat dan kental, sehingga jantung dipaksa bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah ke seluruh organ tubuh.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika penderita diabetes sangat rentan terhadap gagal jantung.

Aritmia

Mungkin, kebanyakan masyarakat kita belum terlalu familiar dengan istilah aritmia? Perlu kalian ketahui, aritmia ini merupakan sebuah kondisi ketika irama jantung tidak normal, baik terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan tidak beraturan.

Nah, saat irama jantung tidak normal, maka kondisi tersebutlah yang bisa mengganggu fungsi jantung secara keseluruhan, tak terkecuali kemampuannya dalam memompa darah ke seluruh organ tubuh.

Kelainan Atau Kerusakan Otot Jantung

Dalam istilah medis, kelainan atau kerusakan jantung itu sering disebut dengan nama kardiomiopati. Ya, apabila otot jantung mengalami kerusakan, maka jantung pun akan lebih sulit untuk memompa darah.

Alhasil, pasokan darah ke organ-organ tubuh menjadi terhambat. Kerusakan otot jantung juga bisa disebabkan oleh beragam faktor, seperti bawaan lahir, peradangan otot jantung, kelainan jaringan ikat, dan hipertensi kronis.

Miokarditis

Miokarditis itu apa sih? Seperti yang dilansir dari salah satu situs kesehatan ternama Indonesia, yang menyebutkan bahwa miokarditis itu adalah sebuah peradangan pada otot jantung yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus.

Tak hanya infeksi virus, masalah miokarditis juga bisa disebabkan karena adanya infeksi parasit, jamur, dan penyakit autoimun.

Dengan adanya peradangan yang terjadi di otot jantung, maka fungsi jantung akan terganggu saat memompa darah ke seluruh organ tubuh.

Hipertiroidisme

Hipertiroidisme ini adalah sebuah kondisi ketika kadar hormone tiroid dalam darah meningkat tinggi. Dengan adanya peningkatan kadar hormone tiroid dalam darah, maka akan memicu berbagai masalah kesehatan, yang salah satunya membuat detak jantung menjadi lebih cepat.

Apabila tidak segera diobati, maka lama-kelamaan jantung yang berdetak cepat bisa melemah sehingga menyebabkan gagal jantung.

Penyakit Jantung Bawaan

Apabila terdapat kelainan pada katup atau otot jantung akibat cacat jantung bawaan, maka bagian jantung yang sehatnya dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi dalam memompa darah ke seluruh organ tubuh.

Beban kerja jantung yang semakin berat inilah yang bisa memicu gagal jantung.

Kerusakan Pada Katup Jantung

Sistem peredaran dalam tubuh itu bisa dibilang memiliki jalan satu arah. Nah, katup jantung inilah yang berperan untuk memastikan agar aliran darah dari dan menuju jantung tidak berbalik.

Apabula terjadi kerusakan pada katup jantung, maka aliran darah bisa terbendung dan menyebabkan gangguan pada jantung.

Aliran darah yang tersumbat akibat kerusakan katup jantung ini akan membuat jantung bekerja lebih keras. Lambat laun, maka jantung yang harus bekerja keras tersebut akan melemah sehingga ia tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh organ tubuh dengan baik. Hasilnya, maka kondisi itu akan memicu gagal jantung.

Selain faktor penyakit tertentu, ada juga beberapa hal yang menyebabkan seseorang beresiko menngalami gagal jantung seperti:

  1. Orang yang berusia diatas 65 tahun.
  2. Mempunyai riwayat penyakit jantung atau serangan jantung.
  3. Kebiasaan merokok.
  4. Konsumsi minuman beralkohol.
  5. Memiliki berat badan yang diluar batas normal (obesitas).
  6. Jarang melakukan kegiatan olahraga.
  7. Jarang mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Pencegahan Gagal Jantung

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dirumah untuk pencegahan gagal jantung, mulai dari berhenti merokok, berhenti konsumsi minuman beralkohol, hindari kuliner yang manis-manis, konsumsi sayuran dan buah, mencukupi waktu istirahat, berolahraga secara rutin dan teratur, dan memperbanyak minum air putih.

Pengobatan Gagal Jantung

Pada stadium awal gagal jantung itu bisa diatasi dengan obat-obatan dari resep dokter, yang berfungsi untuk membantu mengurangi gejalanya.

Bukan hanya itu, obatan-obatan tersebut juga memiliki fungsi lain yang diantaranya dapat menambah kemampuan jantung untuk memompa darah, memperkecil kemungkinan terjadinya pembekuan darah, mengurangi detak jantung yang terlalu cepat, mengurangi kelebihan natrium dan meningkatkan kadar kalium, serta mengurangi kadar kolesterol.

Baca juga: Cara Membuat Masker Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top