News

Gelombang Panas Kanada

Gelombang Panas Kanada

Sekitar lebih dari tiga puluh empat orang meninggal dunia pada peristiwa terjadinya gelombang panas yang terjadi di Kanada sejak akhir bulan Juni lalu.

Gelombang panas ini terjadi dengan intensitas terburuk yang pernah terjadi di daerah Provinsi Quebec, Kanada selama beberapa decade akhir – akhir ini.

Bagian otoritas kesehatan Provinsi Quebec Kanada ini menyatakan bahwa kurang lebih tiga puluh tiga orang meninggal dikarenakan komplikasi akibat gelombang panas dalam beberapa hari belakangan ini yang menerjang.

Diantaranya terdapat 18 korban yang berasal dari Montreal yakni lokasi dimana suhu dari udara dapat mencapai empat puluh tiga derajat celcius.

Secara umum korban merupakan pria dengan usia yang lebih dari lima puluh tahun dimana secara umum yang tinggal sendirian di apartemen – apartemen pribadi atau pun yang tinggal bersama di panti jompo.

Para korban yang meninggal ini dimungkinkan karena tidak adanya pendingin ruangan dan secara umum korban meninggal di dalam rumah masing – masing akibat suhu tinggi dan menyebabakan sakit komplikasi.

Para orang lanjut usia, para penderita penyakit kronis serta penyandang kesehatan menjadi korban yang berpotensi beresiko terhadap efek dari gelombang panas tersebut.

Hal ini diutarakan oleh Departemen Kesehatan Montreal yakni David Kaiser. Menurut Departemen Kesehatan Montreal ini,

Aspek sosial yaitu dengan hidup seorang diri dan tidak memiliki tempat lain untuk memberikan rasa dingin dan sejuk terhadap tubuh menjadikan salah satu penyebab kematian terbesar akibat adanya peristiwa gelombang panas ini.

Montreal sendiri merupakan sebuah pulau panas raksasa dan terjadinya gelombang panas ini diakibatkan kurangnya vegetasi atau penghijauan di tengah hutan beton.

Pihak biro Lingkungan Kanada juga menambahkan bahwa daerah yang paling berpengaruh terhadap gelombang panas ialah Pulau Montreal, Laval, Longueuli, Chateauguay / La Prairie, dan juga Varennes.

Peringatan akan terjadinya kabut asap juga berlaku untuk daerah – daerah tersebut dimana konsentrasi ozon akan sangat tinggi dan berbahaya pada wilayah – wilayah tersebut yang dapat mengakibatkan kualitas udara memburuk.

Ozon ini dapat menjadi racun bagi tubuh dan efek jangka pendek dan panjang dapat kehilangan kesadaran, koma, dan bahkan meninggal dunia.

Tingginya konsentrasi polutan udara ini akan terus meningkat hingga malam hari dimana kabut asap akan sangat berbahaya bagi anak – anak.

para penderita asma dan juga para penderita penyakit penapasan maupun jantung dikarenakan pertukaran udara dan kinerja dari pernapasan akan terhambat akibat adanya kabut.

Tingginya tingkat ozon yang dapat mengurangi konsentrasi oksigen tersedia dan mengakibatkan terjadinya sesak nafas atau pun tubuh kekurangan oksigen.

Sehingga dapat terjadi kehilangan keseimbangan bahkan kehilangan kesadaran. Perlunya kewaspadaan ini perlu ditingkatkan terutama terhadap bahaya – bahaya efek yang tidak secara langsung dirasakan.

kadar ozon yang akan terus menerus meningkat diiringi gelombang panas dan juga kabut asap akan sangat mengganggu aktivitas sehari – hari seperti kegiatan – kegiatan yang dilakukan.

Selain itu paling utama indra penglihatan dan juga penciuman akan terganggu akibat banyaknya debu dan asap serta tingkat ozon yang dapat mengganggu saraf jika tercium dalam kadar yang tinggi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top