News

Kasus Covid-19 di Yogyakarta Hari ini Meningkat! ini Tips Pencegahannya!

BeritakuBaru.com – Kabar Yogyakarta hari ini terbaru rupanya masih seputar Covid-19 yang semakin lama kasusnya semakin meningkat. Kebijakan pemerintah akan new normal kenyataanya justru semakin menurunkan kewaspadaan masyarakat, dan justru sebagian masyakat semakin meremehkan bencana nasional satu ini.

Kasus Covid-19 di Yogyakarta hingga hari ini tercatat naik hingga 6.073 kasus penderita Covid-19, menurut data yang dirilis oleh gugus tugas penanganan covid-19. Hal ini merupakan angka total setelah ditambahkan hasil pemeriksaan 110 orang yang terjangkit, dari 803 sampel dan 743 orang.

Dari angka 110 kasus tambahan terbaru di DIY, tercatat sekitar 58 kasus yang ditemukan di kabupaten Sleman hanya dalam waktu sehari. Sedangkan untuk kabupaten lain, Bantul ada 19 kasus, kota Yogya 13 kasus, Gunung Kidul 4 kasus, dan Kulon Progo terdapat 16 kasus.

Tips pencegahan efektif agar terhindar dari covid-19

Semakin meningkatnya kasus positif covid-19 nampaknya menjadi peringatan bahwa pandemic ini sesuatu yang serius. Meski sebagian besar wilayah Indonesia masih dalam status new normal, tetap saja kasus pandemic ini harus tetap diwaspadai. Segala bentuk pencegahan harus dilakukan, sebab virus ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, bahkan sebagian tidak merasakan gejalahnya. Berikut ini terdapat sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah covid-19 ditengah kondisi new normal:

1. Rajin mencuci tangan dengan sabun

Salah satu cara penularan covid-19 bisa melalui tangan, apalagi saat ditempat ramai, maka potensi transfer virus melalu tangan karena sentuhan benda padat disekitar semakin besar. Mencuci tangan dengan air saja tidak efektif membunuh kuman, tetapi perlu mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

2. Menggunakan masker

Cara penularan covid-19 lainnya adalah melalui droplet di udara yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi virus saat batuk. Maka mencegah masuknya virus melalui udara dapat dicegah dengan cara menggunakan masker, terlebih bagi orang yang merasa memiliki gejala batuk pilek. 

3. Social distancing

Penularan virus melalui udara sangat besar pada orang yang berada didekatnya. Penerapan social distancing saat berada dikeramaian minimal 1 meter dari orang disekitar bisa mengurangi resiko penularan virus.

4. Pola makan sehat

Virus umumnya belum ditemukan obatnya. Biasanya virus akan menyerang tubuh saat kondisi tubuh lemah. Mengkonsumsi makanan-makanan sehat akan membuat tubuh bugar dan terhindar dari penyakit lain, dimana saat penyakit lain menyerang dan kondisi tubuh menjadi lemah, maka potensi terinfeksi virus akan semakin lebih besar.

5. Tingkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat akan mampu melindungi tubuh dari penyakit, termasuk juga virus. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka akan mampu melemahkan virus sehingga virus akan menjadi lemah dan selanjutnya dorman atau tidak aktif menyerang tubuh. Mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin, khususnya vitamin C akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

6. Minimkan kontak dengan orang-orang sakit dan orang di luar rumah

Orang yang sakit memiliki tubuh yang rentan dan masih tersimpan penyakit yang bisa menular pada orang sekitarnya, apalagi jika sakitnya disebabkan oleh virus seperti batuk dan pilek. Ditengah pandemic saat ini, hindarilah mengunjungi orang yang sakit, bahkan meskipun mereka adalah sahabat atau orang terdekat anda.

Meski di rumah saja, update berita tentang kondisi pandemi saat ini sangat penting. Tidak hanya untuk mengetahui keadaan, tetapi juga meningkatkan kewaspadaan diri.

Baca juga: 3 Makanan Khas Malang yang Maknyus

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top