Parenting

8 Tips Parenting yang Perlu Dicoba Oleh Orangtua

tips parenting

Jadilah Role Model

Jadilah role model

Anak-anak mempunyai kecenderungan guna meniru perilaku orangtuanya. Oleh sebab tersebut jadilah sosok role model supaya anak kita meniru segala urusan baik yang kita contohkan.

Jangan hingga sebaliknya, Anda malah menunjukkan perilaku yang tidak cukup baik sehingga dibuntuti oleh anak-anak Anda.

Ajarkan Tanggung Jawab

Ajarkan tanggung tawab

Ajarkan pentingnya tanggung jawab semenjak dini pada anak Anda. Seperti hal-hal simpel misalnya melemparkan sampah pada tempatnya sampai membereskan mainan. Hal ini akan menciptakan anak kita mempunyai sifat bertanggung jawab dan sadar bakal tugasnya sebagai individu.

Luangkan Waktu

Luangkan waktu

Sesibuk apapun pekerjaan Anda, sering-seringlah luangkan kesibukan Anda guna kebersamaan bareng anak. Sepulang kita kerja, sempatkanlah bermain bareng anak atau membacakannya cerita.

Hal ini bertujuan menambah ikatan antara anak dan orangtua sekaligus mengindikasikan afeksi dan perhatian dari orangtua untuk anaknya.

Pentingnya Keterbukaan

Pentingnya keteterbukaan

Ajarkan untuk anak kita bahwa keterbukaan ialah hal yang penting. Hal ini pun berlaku pada orangtua. Sampaikan apapun perasaan Anda untuk anak dengan memakai bahasa yang cocok tentunya.

Hal ini bakal meningkatkan keyakinan anak kita terhadap orangtua. Sehingga ia pun akan lebih gampang mengutarakan apa yang tengah ia rasakan. Bukan malah menjadi anak yang memendam segala urusan yang ia pikirkan atau rasakan.

Baca Juga: Cara Mengetahui Anak Bebas dari Bully

Ajak Keluar Rumah

Ajak keluar rumah

Selalu luangkan akhir pekan Anda guna pergi bareng anak Anda. Di samping menghilangkan kejemuan anak, urusan ini pun dapat menambah ikatan antara anak dan orangtua.

Anda dapat melakukan hal-hal simpel seperti bermain di lapangan, bersepeda atau jalan-jalan ke lokasi wisata.

Buat Ceria Keadaan

Buat ceria keadaan

Sepusing dan serumit apapun kegiatan Anda di luar, tidak boleh pernah membawanya ke dalam rumah. Jangan hingga Anda malah membawa negative vibes ke dalam rumah.

Hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan si Anak saat sedang bersama Anda. Pastikan selalu kembali dengan suasana ceria supaya anak bakal selalu menantikan kepulangan Anda

Jadilah Orangtua

Jadilah orang tua

Terkadang anda selalu hendak mengawasi dan memahami segala urusan yang dilaksanakan oleh anak kita. Bahkan tak jarang, anda memaksakan diri guna seolah menjadi teman untuk anak.

Hal ini tidak sepenuhnya salah, yang terpenting anda tidak berjuang terlalu keras dan memaksakan. Bila memaksakan, bisa-bisa sang anak malah merasa tidak nyaman.

Jadi usahakan beri perhatian sewajarnya dan beri kepercayaan. Hal ini malah memungkinkan menciptakan anak menjadi lebih terbuka untuk orangtua.

Beri Aksi

Beri Aksi

Jangan sampai anda menjadi sosok orangtua yang bisanya melulu menyuruh dan bicara saja.

Sebaliknya, anda usahakan malah menunjukkannya lewat aksi nyata. Dengan demikian, anak bakal lebih membubuhkan hormat pada orangtua sebab benar-benar mencontohkan ketimbang bicara doang.

Terus kunjungi Beritakubaru.com untuk update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top