Parenting

Berikut Ini Beberapa Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

cara-meningkatkan-kesuburan-pria

Beritakubaru.com – Selain dilihat dari kuantitas, kualitas, dan pergerakan sperma, struktur sperma juga bisa menjadi salah satu cara menghitung masa subur pria.

Dimana, kondisi struktur sperma ini bisa dianalisa melalui mikroskopm sehingga kepala sperma bisa diketahui secara jelas.

Perlu diketahui, secara normal bentuk/struktur sperma terdiri dari kepala yang berbentuk oval panjang 4,0-5,5 mm dan lebar 2,5 – 3,5 mm serta memiliki ekor panjang sekitar 9-10 kali dari panjang kepala.

Seorang pria bisa dibilang subur jika sudah memiliki lebih dari 50% sperma dengan bentuk yang normal. Struktur sperma yang normal ini bisa membantu meningkatkan peluang terjadinya kehamilan yang lebih besar.

Selain struktur sperma, hormon testosteron juga menjadi salah satu hormon yang sangat erat hubungannya dengan kesuburan seorang pria.

Selain hormon lainnya, hormon testosteron ini sangat dibutuhkan dalam proses pembentukkan sperma. Apabila hormon testosteron rendah atau berlebih, maka proses pembentukkan sperma bisa terganggu dan menyebabkan terjadi banyak masalah dalam kesuburannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Pertama, melakukan pemeriksaan fisik seperti organ kelamin yang meliputi testis dan penis.
  • Kedua, melakukan pemeriksaan sperma
  • Ketiga, melakukan pemeriksaan hormon seperti LH, FSH dan testosteron jika diperlukan

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa masa subur pada pria akan meningkat saat pagi hari hingga mencapai 88 juta.

Hal ini dikarenakan produksi sperma akan jauh lebih banyak dibandingkan pada malam hari yang hanya memproduksi 87 juta sperma. Walaupun begitu, perbandingannya tidak terlalu signifikan dalam mempengaruhi proses pembuahan.

Nah, untuk cara meningkatkan kesuburan pria dengan sperma yang sehat, anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

1. Salmon

Ikan salmon ini kaya akan omega -3 yang berfungsi untuk menurunkan tingginya kadar kolesterol (buruk) dalam tubuh. Selain itu ikan salmon ini banyak mengandung protein yang bukan hanya membuat sperma kuat, namun juga bisa berenang dengan gesit.

2. Susu Rendah Lemak Atau Yoghurt

Susu dan yoghurt ini banyak mengandung kalsium dan potasium. 2 kandungan tersebut bisa menjaga tekanan darah tetap normal serta bisa membuat aliran darah di arteri lebih lancar.

Karena jika tekanan darah terlalu rendah, maka sperma yang dihasilkan pun akan tidak kuat.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman? Ini Dia Jawabannya

3. Seng Dan Selenium

Seng serta selenium ini bisa meningkatkan kualitas sperma. Kandungan seng dan selenium yang rendah dalam tubuh bisa berhubngan dengan kualitas sperma yang sangat buruk dan bisa mengurangi kemampuan sperma untuk bergerak.

Seng ini bisa anda dapatkan pada makanan seperti : ayam, daging sapi, susu, udang, dan tiram. Sedangkan untuk sumber selenium bisa anda dapatkan pada makanan : bawang putih, telur, daging sapi, roti, dan ikan.

Pada bawang putih selain mengandung selenium, juga mengndung alisin yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke organ seksual dan melindungi sperma dari kerusakkan.

4. Tomat

Tomat banyak mengandung likopen yang artinya kaya akan antioksidan. Perlu anda ketahui bahwa likopen ini terbukti bisa meningkatkan kesehatan prostat.

Penelitian menunjukkan likopen ini bisa mengurangi resiko kanker prostat. Sehingga dengan prostat yang sehat bisa menghasilkan sperma yang kuat.

Itulah cara meningkatkan kesuburan pria dengan beberapa jenis makanan. Nah, bagi anda yang ingin memiliki sperma yang sehat bisa mencoba mengonsumsi beberapa makanan di atas.

Baca juga: 6 Referensi Nama Bayi Perempuan Islam dan Artinya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top