Parenting

Cara Menyusui Yang Benar Pada Bayi Yang Harus Bunda Ketahui

cara-menyusui-yang-benar-pada-bayi

Beritakubaru.com – Setelah mengandung dan melahirkan, tahapan berikutnya yang harus dijalani oleh seorang ibu adalah menyusui bayi. Sehingga sangat penting bagi para ibu menyusui untuk mengetahui cara menyusui yang benar.

Karena dengan mengetahui informasi tentang cara menyusui secara tepat bisa membantu bayi anda untuk mendapatkan ASI yang cukup dan menyusu dengan tenang.

Bukan hanya itu, bunda juga bisa terhindar dari payudara bengkak atau puting lecet. Oleh karena itu, mari bunda simak artikel tentang ibu menyusui berikut ini.

1. Tahap Persiapan

Sebelum menyusui ada tahapan yang harus anda lakukan. Dimana, bunda harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan air mengalir. Kemudian carilah tempat menyusui bayi yang tenang dan nyaman.

2. Tahap Memposisikan Bayi

Saat bunda mulai duduk dengan bantal penyangga yang pas maka peraslah sedikit ASI kemudian oleskan ASI tersebut pada bagian puting. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme pada puting.

Tahap beriktunya adalah rilekskan diri bunda supaya bisa menyusui bayi dengan lebih fokus. Angkatlah bayi bunda lalu pegang belakang bahunya.

Selanjutnya, rapatkan dada bayi dengan dada bunda (dibawah payudara). Dan pastikan agar dagu bayi menempel pada payudara bunda.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Nama Bayi dan Cara Merawat Gigi Susu Bayi

3. Tahap Menyusui

Dengan posisi bayi yang tepat akan memudahkan bayi untuk mengisap ASI dan mendapatkan ASI yang cukup. Bukan hanya itu, hal ini juga bisa menghindarkan bayi bunda dari tersedak. Saat hendak menyusui, peganglah payudara bunda dengan ibu jari di bagian puting.

Sedangkan jari yang lain ditempatkan di bagian bawah sehingga seperti penopang. Selama menyusui bayi, maka hendaklah bunda menatap wajah bayi.

Karena hal ini bisa meningkatkan ikatan emosi antara bunda dan bayi yang lebih kuat. Selain menatap wajahnya, elus-elus bayi bunda dengan kelembutan dan kasih sayang menggunakan tangan yang tidak menopang tubuh bayi.

4. Tahap Mengganti Payudara Lain

Jika bunda merasa payudara telah kosong maka gantilah dengan payudara lainnya. Cara mellpas mulut bayi yang sedang menyusu dari puting adalah dengan memasukkan jari telunjuk bunda ke mulut bayi yang sedang menghisap. Setelah mulut bayi berhasil dilepas dari puting maka lakukanlah cara yang sama yang sudah dijelaskan sebelumnya.

5. Tahap Setelah Menyusui

Biasanya bayi akan tertidur saat mulai merasa kenyang menghisap Asi. Tanpa disadari, ia akan berhenti menghisap ASI dan mulutnya keluar dari puting.

Dalam hal ini, janganlah langsung meletakkan bayi di kasur untuk tidur. Karena ini akan membuat bayi gumoh dan bisa membahayakan telinganya jika gumohnya masuk ke dalam telinga. Sendawakan bayi yang sudah menyusui supaya terhindar dari gumoh.

Caranya adalah dengan meletakkan bayi secara tegak lurus pada bahu anda. Lalu usap-usaplah punggungnya hingga ia bersendawa.

Itulah informasi tentang cara menyusui yang benar pada bayi, semoga bermanfaat khususnya bagi para bunda yang akan atau sedang menyusui.

Baca juga: Cara Jitu Supaya Anak Mau Makan Dengan Lahap dan Rekomendasi Website Parenting

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top