Relationship

Ini Doa Yang Tepat Untuk Pengantin Baru, Bukan Samawa 

doa-pengantin-baru-yang-benar

Pernikahan merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi sepasang pengantin. Umumnya, pernikahan seringkali dirayakan dengan mengundang sanak keluarga dan kerabat. Dan saat diundang, wajib hukumnya untuk menghadiri acara walimah tersebut jika memang tidak ada halangan. Karena kita sebagai saksi dari pernikahan tersebut dan juga memberikan doa untuk pengantin baru,ini merupakan anjuran dari Nabi Muhammad SAW

Biasanya dibulan syawal, setelah bulan Ramadhan akan ada banyak sekali pasangan muslim yang melangsungkan pernikahan. Bulan Dzulhijjah juga bagi sebagian orang Indonesia seringkali diidentikan dengan musimnya orang menikah. Biasanya di bulan ini juga akan lebih banyak tersebarnya undangan. 

Saat mendatangi pernikahan seseorang, sebagai seorang muslim dan mukmin yang baik memang hendaklah kita menyampaikan doa kebaikan. Doa merupakan salah satu bagian dari adab serta etika bagi seorang muslim, baik doa kepada Allah SWT ataupun kepada sesama manusia. Salah satu adab berdoa yaitu saat menghadiri pernikahan orang lain. 

Ikut mendoakan pernikahan orang lain saat menghadiri undangannya merupakan akhlak yang mulia. Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk mendoakan pengantin baru yang telah resmi memulai bahtera rumah tangga. 

Turut menyatakan kebahagian dan memberi doa untuk pengantin adalah sunnah. Doa pengantin baru merupakan doa sosial yang yang paling membahagiakan. Dengan menyampaikan atau memanjatkan doa, itu berarti kita turut berharap pada Tuhan Yang Maha Esa untuk kebahagian kedua mempelai dikehidupan rumah tangga yang akan mereka jalani nanti.  

Tetapi kita tidak bisa mengucapkan doa sembarangan. Ada doa khusus yang dapat kita panjatkan atau kirimkan pada pasangan yang baru melangsungkan akad nikah ataupun yang sedang mempersiapkan pernikahan. Bukan juga ucapan “Samawa” ataupun “Semoga Sakinnah Mawaddah Warrahmah’’. 

Doa yang Tepat Untuk Pengantin Baru

Saat menghadiri akad nikah (walimah) atau pesta pernikahan seseorang, biasanya kata ucapana pernikahan yang disampaikan adalah “Semoga Samawa ya !” atau “Sakinnah Mawaddah Warramah.’’ Ini memang merupakan doa yang baik, tetapi tidak tepat diucapkan untuk pasangan yang baru melangsungkan pernikahan. Lalu doa yang tepat untuk pengantin baru itu seperti apa? 

Dengan memberi atau mengucap doa untuk pengantin baru seperti yang sudah diajarkan Nabi seperti dibawah ini : 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fiil Khairin

 

Artinya : “Mudah mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.”

Baca Juga : Rangkaian Ucapan Ulang Tahun Untuk Kakak Laki-laki, Dia Pasti Suka!

Doa diatas merupakan cuplikan dari hadis riwayat Abu Hurairah tentang bacaan apa yang dilantunkan Rasulullah saat beliau akan mendoakan pengantin yang baru menikah.

أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا رَفَّأَ إِنْسَانًا إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ بَارَكَ اَللَّهُ لَكَ , وَبَارَكَ عَلَيْكَ , وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْر

Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda, “Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan.”

Hadis tersebut diriwayatkan oleh Ahmad dan Imam Empat. Kualitas hadis sahih meurut Tirmiz, Ibnu Khuzaimah, serta Ibnu Hibban. 

Doa untuk pengantin diatas sudah seharusnya diucapkan untuk pasangan mempelai yang baru saja melangsungkan akad nikah, dengan harapan supaya Allah SWT memberikan kemaslahatan berumah tangga bagi kedua mempelai. Dimana pernikahan itu sendiri dalam Islam dikenal sebagai sunnah Rasulullah SAW, sehingga saat kita turut mendoakannya, maka kita juga bisa mendapatkan kebaikan dari doa yang terucap. Dan sebaik baiknya doa memang yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang dapat diikuti melalui para ulama. 

Baca Juga : Doa Pengantin Baru Dan Doa Setelah Menyantap Hidangan Pesta Pernikahan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top