Relationship

Kumpulan Ucapan Belasungkawa atau Duka Cita yang Memotivasi

ucapan-belasungkawa

Beritakubaru.com – Pada umumnya, ucapan belasungkawa itu akan ditujukkan bagi orang yang telah meninggal maupun bagi keluaga dan kerabat yang ditinggalkannya.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa kematian seseorang itu tidak akan ada yang tahu kapan pastinya. Ucapan belasungkawa ini bertujuan untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan, agar mereka tidak terus tenggelam dalam kesedihan.

Nah, berikut di bawah ini ada referensi mengenai kumpulan ucapan belasungkawa yang memotivasi.

Ucapan Belasungkawa

  1. “Aku sangat paham betul dengan apa yang kamu rasakan pada saat ini. Namun, kamu jangan terus berlarut dalam kesedihan dan ikhlaskan saja kepergiannya. Sebab, hal itu akan membuat almarhum lebih tenang untuk menghadap sang pencipta.”
  2. “Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian beliau. Saya juga mendoakan agar semua amal ibadah almarhum diterima oleh-Nya, dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar bisa lebih ikhlas dan bersabar.”
  3. “Kami sekeluarga sangat mengenal betul dengan sosok almarhum yang begitu baik dan ramah. Sungguh kami merasa sangat kehilangan akan sosok tersebut. Selamat jalan sahabatku, semoga amal ibadahmu diterima disisi-Nya, dan bagi keluarga yang ditinggalkan agar lebih bersabar lagi dalam menghadapinya.”
  4. “Baru kemarin almarhum bercanda dan tertawa bersamaku. Kini engkau terbujur kaku untuk menghadap kepada-Nya. Mungkin esok atau lusa, aku juga akan sama menyusul untuk menghadap sang pencipta. Disini aku hanya bisa berdoa, semoga amal ibadahmu diterima di sisi-Nya.”
  5. “Engkau adalah sosok yang selalu berbuat baik kepada orang lain. Dan engkau jugalah merupakan sosok yang selalu ditunggu oleh banyak orang. Tuhan begitu sayang terhadapmu, sehingga engkau lebih dulu meninggalkan dunia yang fana ini. Selamat jalan sahabat terbaikku, tenanglah berada di sisi-Nya.”
  6. “Mengapa air mataku ini tidak pernah berhenti menetes saat melihat tubuhmu terbaring kaku. Aku tahu bahwa ini berlebihan, namun aku tidak sanggup untuk menyembunyikannya. Selamat tinggal saudaraku, aku hanya bisa berdoa agar engkau mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya.”

Baca juga: Kata-Kata Bijak Tentang Kehidupan yang Membuat Semangat

Ucapan Belasungkawa Islami

  1. “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Semua yang bernyawa pasti akan kembali kepada-Nya, begitu pun dengan diriku yang sewaktu-waktu akan pulang ke Rahmatullah. Selamat tinggal saudaraku, semoga amal ibadah dan perbuatan baikmu di dunia menjadi penerang di alam kubur.”
  2. “Inna Lillahi wa inna illaihi raji’un. Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum. Meskipun almarhum kini telah menghadap-Nya, namun saya yakin bahwa jasa-jasa dan perbuatan baik almarhum akan selalu dikenang oleh banyak orang. Saya juga berharap, agar keluarga dan kerabat yang ditinggalkannya dapat bersabar dalam menghadapi cobaan ini.”
  3. “Inna Lillahi wa inna illaihi raji’un. Almarhum merupakan sosok yang menjadi panutan bagi banyak orang. Saya dan yang lainnya merasa sangat kehilangan sosok almarhum. Disini kami hanya bisa berdoa, agar almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya.”
  4. “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Memang tidak ada yang tahu tentang ajal menjemput, sebab kita ini semua akan kembali kepada-Nya. Sebagai sosok yang begitu baik, tentu saja kepergian almarhum merupakan kehilangan yang begitu amat terasa bagi kami. Selamat tinggal sahabatku, semoga amal ibadahmu diterima dengan baik oleh SWT, dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran.”
  5. “Sesungguhnya kita semua ini adalah milik Allah, dan akan kembali pula kepada-Nya. Selamat jalan saudaraku, disini aku hanya bisa mendoakan agar semua amal ibadahmu diterima dengan baik oleh Allah SWT, serta segala dosa-dosamu diampuni oleh-Nya.”
  6. “Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa-dosa almarhum semasa hidupnya, dan semoga juga Allah menerima amal ibadahnya. Saya pribadi ikut berduka cita yang sedalam-dalamnya, dan bagi keluarga serta kerabat yang ditinggalkan agar diberi ketabahan.”
  7.  “Selamat jalan sahabatku, aku akan selalu mengingat semua jasa dan perbuatan baikmu. Sesungguhnya, kelak nanti juga akan sama sepertimu untuk kembali menghadap-Nya. Terimakasih telah menjadi teman yang selalu ada disaat aku susah, semoga semua amal ibadah dan perbuatan baikmu diterima oleh Allah SWT.”
  8. “Aku turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum, dan semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya. Teruntuk keluarga yang ditinggalkan, janganlah terus berlarut dalam kesedihan.”
  9. “Kami atas nama keluarga mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga almarhum diampuni dan dihapuskan atas dosa-dosa semasa hidupnya. Bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran,
  10. “Engkau adalah satu-satunya sahabat terbaik yang kumiliki. Kini aku merasa sangat kehilangan atas kepergian dirimu yang menghadap Sang Maha Kuasa. Selamat jalan sahabatku, semoga Allah SWT menempatkamu di syurga-Nya.”
  11. “Kuhamparkan sejadah panjang di hari ini untuk mendoakanmu saudaraku, semoga semua amal ibadahmu diterima oleh Allah SWT dan semoga segala dosa-dosa yang pernah kau perbuat diampuni oleh-Nya.”
  12. “Innalillahi wa innailaihi raji’un. Selamat jalan saudara / saudariku, di hari ini aku hanya bisa berdoa semoga Allah SWT mengampuni semua dosa-dosamu. Semoga Allah juga menempatkanmu di syurga-Nya yang indah”.
  13. “Percayalah bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang diluar batas kemampuan hamba-hamba-Nya. Janganlah terus tenggelam dalam kesedihan, ikhlaskanlah kepergiannya karena kita semua juga akan kembali untuk menghadap-Nya. Semoga amal ibadah almarhum diterima dengan baik oleh Allah, dan juga semua dosa-dosa almarhum dapat diampuni oleh-Nya.”
  14. “Aku tahu bahwa kepergian almarhum merupakan pukulan yang cukup berat. Namun ketahuilah saudaraku, bahwa kesedihan yang mendalam ini jangan sampai berlarut-larut. Mari kita doakan, agar amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan semoga ia ditempatkan di syurga-Nya yang indah.”
  15. “Sahabatku yang kini pergi, aku hanya bisa menangisi dan mendoakan agar kamu mendapatkan tempat yang terbaik disisi-Nya. Teruntuk keluarga yang ditinggalkan, semoga kalian diberi kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan ini.”
  16. “Selamat jalan saudaraku tercinta, semua perbuatan baikmu akan aku kenang sampai aku juga menyusul untuk menghadap-Nya. Terima kasih sudah selalu membantu ketika aku sedang membutuhkan, semoga semuanya itu mendapatkan balasan dari Allah dan semoga engkau ditempatkan di syurga-Nya.”
  17. “Innalillahi wa innailaihi roji’un, selamat jalan saudaraku yang paling aku cintai. Aku tidak bisa menyembunyikan kesedihan ini, namun akan ku panjatkan doa agar Allah SWT menganmpuni segala dosa-dosa yang pernah kau perbuat, dan semoga kamu mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya.”
  18. “Innalillahi wa innailaihi roji’un, sungguh aku sangat terkejut dan sedih atas kepergian dirimu. Disini aku hanya bisa mendoakan, semoga kamu khusnul khotimah dan ditempatkan di syurga-Nya.”
  19. “Tidurlah dengan tenang di sisi-Nya wahai saudaraku. Aku tahu engkau adalah sosok yang selalu berbuat baik kepada sesama, semoga Tuhan mengampuni dosa-dosa dan menempatkanmu di syurga-Nya yang indah”

Itulah beberapa referensi ucapan duka cita atau belasungkawa yang dapat kalian contoh atau gunakan disituasi tertentu.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Ulang Tahun untuk Anak Tersayang

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top