Uncategorized

Cara Mudah Menghafal 99 Asmaul Husna Beserta Artinya

cara-menghafal-asmaul-husna

BeritakuBaru.com – Asmaul Husna memiliki arti nama-nama baik dari Allah SWT. Jumlahnya ada sebanyak 99 nama, dan nama-nama tersebut wajib untuk diketahui oleh setiap umat Muslim yang ada di dunia. Mengapa demikian? Rasulullah SAW pernah bercerita kepada para sahabatnya, bahwasan kita dianjurkan untuk mendengarkan, mempelajari, dan meneladani sifat-sifat baik dari Allah SWT. Karena dari 99 nama yang Allah SWT miliki memiliki arti yang indah dan bisa kita jadikan teladan sebagai kunci untuk menjalani kehidupan di dunia.

Namun sayangnya, banyak dari umat Islam yang merasa terlalu berat jika harus menghafal 99 Asmaul Husna beserta dengan artinya. Memang jumlahnya terlihat banyak, namun pada kenyataannya untuk menghafal nama-nama indah Allah SWT ini tidak sesulit itu lho! Mau tau bagaimana cara mudah untuk menghafal 99 Asmaul Husna beserta artinya?

Tips Menghafal 99 Nama Allah Beserta Dengan Artinya

1. Tidak perlu tergesa-gesa, pahami secara perlahan

cara-mudah-menghafal-asmaul-husna

Menghafal 99 Asmaul Husna memang bukan perkara mudah pada awalnya. Oleh karena itu jangan langsung terburu-buru berpikir bahwa Anda akan langsung bisa menghafalnya. Yang pertama kali Anda harus lakukan adalah memantapkan niat, lalu konsisten mengulang-ulang hafalan Asmaul Husna Anda. Menghafalnya pun dapat Anda lakukan kapan saja, bisa ketika Anda sedang di dalam perjalanan, sebelum dan setelah menunaikan ibadah shalat, atau sebelum Anda tidur. Jika Anda terus mengulang-ulangnya secara perlahan, yakinlah Anda akan segera menghafal 99 Asmaul Husna tersebut.

2. Hafal dengan menggunakan nada atau irama

cara-mudah-menghafal-asmaul-husna

Metode ini sering ditemukan di sekolah mengaji atau sekolah madrasah untuk tingkat anak-anak. Eits, tak perlu minder jika Anda sudah tergolong dalam kategori orang dewasa namun baru ingin memulai menghafal Asmaul Husna! Di sekolah tersebut, biasanya 99 Asmaul Husna akan dilafalkan sambil bersenandung dengan menggunakan irama lagu yang sering kita dengar sehari-hari. Metode tersebut terbukti dapat membantu kita dalam memperlancar hafalan 99 Asmaul Husna. Dari senandung-senandung kecil yang dilantunkan, terselip nama-nama indah Allah SWT yang sedang kita coba hafal. Menarik sekali bukan!

3. Buat catatan kecil

cara-mudah-menghafal-asmaul-husna

Agar Anda dapat mengulang-ulang hafalan kapanpun dan dimanapun Anda berada, persiapkanlah sebuah catatan kecil yang bisa Anda bawa kemana saja dengan mudah. Dengan catatan kecil tersebut, Anda bisa membukanya kembali dan melakukan hafalan di tengah-tengah kesenggangan aktivitas harian yang dijalani. Kami sarankan catatan kecil tersebut Anda salin ulang isinya melalui sumber bacaan Anda, sehingga ketika sedang ditulis Anda juga sembari mengingatnya.

4. Hafal bersama orang terdekat

cara-mudah-menghafal-asmaul-husna

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam menghafal 99 nama-nama Allah SWT, Anda bisa coba meminta bantuan orang terdekat yang ada di sekitar untuk membantu Anda. Jika orang tersebut sudah terlebih dahulu menghafal Asmaul Husna, Anda bisa memintanya untuk sama-sama melantunkan Asmaul Husna dengan irama yang diketahui bersama. Apabila tidak, Anda bisa minta orang tersebut untuk membaca teks catatan kecil yang sudah Anda persiapkan sembari mendengarkan Anda melafalkan hafalan nama-nama Allah yang sedang Anda cicil. Atau cara lainnya, Anda bisa membuat kesepakatan dengan orang terdekat untuk membantu Anda menghafal 99 Asmaul Husna dengan metode setoran berjangka. Tetapkan jangka waktu lamanya Anda akan menghafal Asmaul Husna, lafalkan berulang-ulang bersama orang tersebut lalu setorkan kembali hafalan di tenggat waktu yang telah ditetapkan. Dengan begitu Anda akan bisa lebih terbantu karena memiliki teman untuk menghafal bersama.

Bagaimana, tidak rumit bukan untuk menghafal 99 Asmaul Husna beserta artinya? Yang pasti, mantapkan niat sebelum menghafal dan ingatlah bahwa tujuan Anda dalam menghafal nama-nama Allah semata-mata hanya untuk ta’at kepada-Nya. Jangan sampai ketika Anda sudah menghafal 99 Asmaul Husna, kemudian hafalan tersebut tak pernah diulang-ulang kembali atau dipahami apa arti serta maknanya bagi kehidupan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top