Uncategorized

Resep Bumbu Semur Ayam Sederhana

Resep-Bumbu-Semur-Ayam-Sederhana.

beritakubaru.com – Ayam merupakan produk hewani dan dapat dengan mudah ditemukan dimana saja. Ayam memang bagus untuk tubuh. Tidak hanya tinggi protein, juga dapat mencegah depresi pada otak, mencegah pengeroposan tulang, baik untuk jantung, kaya akan selenium. Selenium adalah mineral penting bagi tubuh manusia. Ayam juga berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh, membantu menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya salah satunya olahan semur ayam sederhana ini.

Ayam merupakan salah satu bahan utama untuk memasak. Ayam bisa diolah menjadi masakan yang enak dan istimewa. Ayam bisa diolah menjadi berbagai macam makanan pembuka, seperti digoreng atau dibakar. Namun, jika bosan dengan masakan ayam yang biasa-biasa saja, Anda bisa menjadikan ayam sebagai menu spesial lainnya. Salah satu menu spesial yang bisa didapatkan menggunakan bahan ayam adalah semur ayam yang sederhana ini. 

Baca Juga : Resep Sambal Goreng Ati Khas Daerah

Bahan yang perlu disiapkan adalah:

¼ kilogram daging ayam bagian dada 

3 batang wortel, opsional. Anda bisa menambahkannya atau tidak sesuai dengan selera. 

100 gram buncis 

¼ kilogram kentang 

1 sachet Saori atau secukupnya sesuai selera 

3 siung bawang putih 

½ bagian bawang bombay 

2 butir cabe merah, bisa ditambahkan sesuai dengan selera 

4 sendok makan kecap manis 

Gula dan garam secukupnya sesuai selera 

250 ml minyak goreng 

1 sendok teh lada

Selanjutnya, kita akan beralih ke bagaimana resep pembuatannya:

  1. Langkah pertama adalah memotong bagian dada ayam. Anda bisa memotongnya berbentuk dadu atau sesuai dengan keinginan. Potongan lebih kecil bisa lebih baik. 
  2. Cuci bersih semua potongan ayam dan tiriskan sampai air hasil cuciannya habis. 
  3. Kupas dan iris wortel. Anda bisa memotongnya panjang maupun pendek sesuai dengan selera. Biasanya, orang juga sering mencacah dadu wortel yang akan dicampurkan. Kupas juga buncisnya. 
  4. Cuci bersih semua sayuran yang sudah dipotong-potong sebelumnya. Sembari mencuci bersih semua sayuran, cuci juga cabe merah, bawang putih dan bawang bombay. Tentu tujuannya adalah agar ketika dimasak, semua sayuran menjadi lebih sehat dan bersih. 
  5. Langkah selanjutnya adalah panaskan minyak goreng dengan api kecil. Persiapkan kentang yang akan digoreng. Tentunya, harus setelah diiris-iris berbentuk bulat sesuai dengan selera. Setelah matang, angkat dan tiriskan kentang tersebut. 
  6. Tumis bawang putih, bombay dan cabe merah menggunakan sedikit minyak goreng yang sebelumnya digunakan untuk memasak kentang. 
  7. Setelah bumbu menjadi lebih beraroma harum, masukkan ayam sampai setengah matang dan sayuran. Masaklah hingga sayuran berubah menjadi layu. 
  8. Tambahkan air secukupnya, sesuai kebutuhan. Masukkan juga kentang, kecap dan bumbu-bumbu lainnya yang belum dimasukkan sebelumnya. Aduk sebentar dan tunggu sampai kuah menjadi lebih menyusut. 
  9. Sajikan semur ayam setelah matang dan cobalah bersama dengan nasi panas dan opsi menu tambahan lainnya. 

Itu dia resep untuk membuat semur ayam sederhana. Ada juga beberapa tips untuk mengolah daging. Cara pertama adalah melapisi ayam dengan susu. Beberapa chef ternama mengatakan bahwa olesan susu menyebabkan ayam cepat lunak. Ini didorong oleh enzim yang terkandung dalam susu. Selain itu, susunya akan menghasilkan saus yang creamy, yang membuat rasa ayam menjadi semakin segar.

Cara berikutnya adalah tidak menggunakan bahan yang berlebihan. Ada banyak cara untuk membuat ayam berasa lebih enak. Anda bisa mencampur bahan-bahannya dan meninggalkan ayam di lemari es semalaman.  Teknik ini disebut dengan nama marinasi. Anda bisa memarinasi ayam bersama dengan bumbunya atau bahan lainnya. 

Baca Juga : RESEP MASAKAN AYAM BAKAR BUMBU RUJAK SEDERHANA,WAJIB COBA

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top