Advertisements

7 Tips Memulai Usaha Digital Printing

Percetakan digital - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumber: Wikipedia

Mungkin sekarang ini anda ada keinginan untuk melakukan usaha sendiri? Saat ini ada banyak jenis usaha yang bisa anda coba, salah satunya adalah digital printing. Usaha yang satu ini memiliki prospek yang menjanjikan dengan permintaan konsumen yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Berbicara soal bisnis dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang 7 tips memulai usaha digital printing sebagai berikut:

1. Menentukan Target Pasar

Mengenal Apa itu Target Pasar dan Penerapannya
Sumber: Podomoro University

Tips pertama memulai usaha digital printing adalah menentukan target pasar. Target pasar adalah suatu kelompok masyarakat yang mempunyai karakteristik, kesukaan, dan ketertarikan pada suatu barang yang sama dan dianggap sebagai potential consumer oleh sebuah perusahaan. 

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menentukan target pasat, antara lain: Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas, Mengatur produk menjadi lebih baik, Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar, Mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat, Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran, Perusahaan akan berada pada posisi yang lebih baik.

Dalam usaha digital printing, Anda bisa menentukan target pasar apakah hanya ingin melayani individu dengan skala kecil, atau bisa dalam pesanan jumlah besar seperti dari perusahaan. 

2. Mengetahui Keterampilan yang Dibutuhkan

Untuk menggeluti usaha printing digital dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan tentang software komputer dan alat yang digunakan untuk kebutuhan percetakan. 

Dalam hal desain misalnya, anda bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, InDesign, dan lain sebagainya. 

3. Siapkan Modal dan Informasi Harga Pasar

Yang namanya memulai bisnis atau usaha, tentunya anda perlu menyiapkan modal. Adapun modal utama dari usaha printing digital adalah peralatan cetak digital. 

Dalam usaha digital printing, modal akan digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan maupun bahan yang diperlukan. Harganya pun bisa bervariasi. Bila budget yang anda miliki dirasa tidak terlalu banyak, maka anda bisa mulai dengan menyediakan printer biasa yang dapat diisi ulang tintanya. 

Advertisements

4. Mengetahui dan Memahami Jenis Bahan Cetak

Tips selanjutnya untuk memulai usaha digital printing adalah mengetahui dan memahami jenis bahan cetak.

Untuk memulai usaha digital printing sebaiknya anda mengetahui tentang jenis bahan-bahan yang digunakan sebagai media cetak. Misalnya, jenis kain ada apa saja, ukurannya berapa dan lain sebagainya. 

5. Pilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi yang tepat menjadi hal yang utama dalam mendirikan usaha digital printing . Pemilihan lokasi bisa dilihat dari aspek keramaian, kemudahan akses jalan, dan keamanan. Pemilihan lokasi yang ramai dan mudah diakses, memungkinkan usaha anda terlihat dan dikunjungi pelanggan semakin besar. 

Dalam hal ini, anda bisa mencari lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, atau kost-kostan. Namun kalau misalnya rumah yang anda huni saat ini lokasinya berada di area strategis itu artinya poin plus dan tidak perlu mencari tempat lain lagi.

6. Siapkan Biaya Operasional Digital Printing

Biaya Produksi | Karya Perempuan Indonesia -Womanpreneur Community
Sumber: Womenpreneur Community

Biaya operasional adalah biaya yang digunakan untuk segala aktivitas melakukan usaha digital printing. Sebelum memulai usaha digital printing, ada beberapa bahan baku yang harus anda siapkan terlebih dahulu, seperti printer, tinta, media yang akan digunakan, hingga aksesori. 

Biaya operasional bisa mendukung roda usaha anda sebelum menghasilkan keuntungan. Pastikan budget yang dimiliki mencukupi tidak pas-pasan agar anda bisa konsiten mempertahankan kualitas produk yang dibuat. Kesan yang baik kepada konsumen sangatlah penting ketika memulai suatu usaha. 

7. Pilih Karyawan yang Memiliki Keahlian

Untuk menjalankan usaha printing digital tentunya tidak bisa dikerjakan sendiri tetapi anda membutuhkan karyawan yang bisa membantu anda.

Baca juga: Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo

Advertisements