Advertisements

Belajar Cara Membuat Numbering di Excel dengan Cepat dan Mudah

Microsoft Excel really wants you to put pictures in your spreadsheets |  TechRadar
Sumber: TechRadar

Excel adalah salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan para pengguna komputer. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan kantor Anda. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah membuat numbering di Excel.

Belajar cara membuat numbering di Excel dengan cepat dan mudah adalah hal yang sangat penting bagi para pengguna Excel. Dengan numbering, Anda dapat mengelola data dengan lebih mudah dan cepat. Di artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat numbering di Excel dengan cepat dan mudah. Anda akan belajar cara menambahkan nomor urut, menggunakan fungsi auto-numbering, dan cara membuat numbering dengan rumus.

Berikut adalah cara membuat numbering di Excel dengan cepat dan mudah:

1. Pilih Kolom yang Ingin Anda Beri Numbering

Pertama, Anda harus memilih kolom yang ingin Anda beri numbering. Anda bisa memilih kolom yang berisi data ataupun kolom kosong. Jika Anda memilih kolom yang berisi data, maka numbering akan ditambahkan di bawah data yang ada. Jika Anda memilih kolom kosong, maka numbering akan ditambahkan di kolom tersebut.

2. Pilih Fungsi AutoNumber

Kemudian, Anda harus memilih fungsi AutoNumber. Fungsi ini akan membantu Anda dalam membuat numbering di Excel dengan cepat dan mudah. Anda bisa menemukan fungsi ini di menu Insert > Function > AutoNumber. Setelah Anda memilih fungsi ini, maka Anda akan melihat jendela baru yang berisi pilihan-pilihan yang bisa Anda gunakan untuk membuat numbering.

3. Pilih Jenis Numbering yang Ingin Anda Gunakan

Selanjutnya, Anda harus memilih jenis numbering yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memilih jenis numbering seperti angka, huruf, atau simbol. Setelah Anda memilih jenis numbering yang ingin Anda gunakan, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Pilih Jumlah Numbering yang Ingin Anda Gunakan

Setelah Anda memilih jenis numbering yang ingin Anda gunakan, maka Anda harus memilih jumlah numbering yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memilih jumlah numbering mulai dari 1 hingga 10. Jika Anda ingin membuat numbering yang lebih banyak, maka Anda bisa menggunakan fungsi AutoNumber lagi dengan jumlah numbering yang berbeda.

5. Pilih Format Numbering yang Ingin Anda Gunakan

Selanjutnya, Anda harus memilih format numbering yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memilih format numbering seperti angka, huruf, atau simbol. Anda juga bisa memilih format numbering yang lebih kompleks seperti menggunakan angka dengan simbol atau huruf dengan simbol. Setelah Anda memilih format numbering yang ingin Anda gunakan, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Advertisements

6. Pilih Lokasi Numbering yang Ingin Anda Gunakan

Setelah Anda memilih format numbering yang ingin Anda gunakan, maka Anda harus memilih lokasi numbering yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memilih lokasi numbering seperti di kolom atas, di kolom bawah, di baris kiri, atau di baris kanan. Setelah Anda memilih lokasi numbering yang ingin Anda gunakan, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

7. Pilih Jumlah Digit yang Ingin Anda Gunakan

Selanjutnya, Anda harus memilih jumlah digit yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memilih jumlah digit mulai dari 1 hingga 10. Jika Anda ingin membuat numbering yang lebih banyak, maka Anda bisa menggunakan fungsi AutoNumber lagi dengan jumlah digit yang berbeda.

8. Klik Tombol OK

Setelah Anda memilih semua pilihan yang ingin Anda gunakan, maka Anda harus mengklik tombol OK. Setelah Anda mengklik tombol OK, maka numbering akan ditambahkan ke kolom yang Anda pilih.

9. Cek Hasil Numbering

Selanjutnya, Anda harus mengecek hasil numbering yang telah Anda buat. Anda bisa melihat hasil numbering dengan melihat kolom yang telah Anda beri numbering. Jika Anda merasa bahwa hasil numbering tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, maka Anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas untuk membuat numbering yang baru.

10. Simpan Hasil Numbering

Terakhir, Anda harus menyimpan hasil numbering yang telah Anda buat. Anda bisa menyimpan hasil numbering dengan mengklik tombol Save di menu File. Setelah Anda menyimpan hasil numbering, maka Anda telah berhasil membuat numbering di Excel dengan cepat dan mudah.

Itulah cara membuat numbering di Excel dengan cepat dan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah membuat numbering di Excel. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Menghapus Header dari Halaman Kedua

Advertisements