Advertisements
Bagaimana jika kita tidak sahur? Apa hukumnya berpuasa tanpa sahur? Yuk, simak informasi seputar hukum puasa ramadan tanpa sahur disini!
Sumber: CNN Indonesia

Dalam waktu dekat, bulan suci Ramadan akan tiba. Umat Islam akan melaksanakan salah satu rukun Islam yaitu berpuasa selama satu bulan penuh.

Agar puasa maksimal, kita tentunya akan melakukan sahur. Seperti yang dianjurkan dan disunnahkan Rasullulah SAW. Bagaimana jika kita tidak sahur? Apa hukumnya berpuasa tanpa sahur? Yuk, simak informasi lengkapnya dibawah ini!

Sahur adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan sepertiga malam akhir menjelang subuh dan dilakukan saat hendak berpuasa. Hukum sunnah sahur disebutkan dalam sebuah riwayat yang berasal dari Anas bin Malik RA. Dia berkata, Nabi SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ada juga dalil yang menyebutkan hukum sunnah melakukan sahur, Rasulullah SAW bersabda: “Makan sahurlah, karena sahur itu berkah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis yang lainnya, Rasulullah SAW bersabda: “Sahur itu berkah, maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur.” (HR. Ahmad).

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Mengganti Puasa Ramadhan

Hukum Berpuasa Tanpa Sahur

Lalu, bagaimana hukumnya apabila kita berpuasa tanpa sahur?

Advertisements

Berbicara tentang hukum puasa tanpa melakukan sahur, tidak masalah apabila ketiduran dan tidak makan sahur, asalkan sudah berniat untuk berpuasa sebelumnya. Tidak disebutkan dimanapun juga bahwa inti dari puasa adalah sahur. Memang sahur dianjurkan dan disunnahkan, tetapi hal tersebut bukanlah inti dari berpuasa.

Nabi Muhammad SAW juga tidak pernah mengajarkan bahwa syarat sah puasa adalah sahur. Maka dari itu, puasa seseorang akan tetap sah meskipun tidak sahur sekalipun.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa puasa akan tetap sah meskipun kita tidak sahur asalkan kita sudah niat berpuasa.

Itu dia hukum puasa Ramadan tanpa melakukan sahur. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu, ya!

Baca juga: Jenis-Jenis Puasa Sunnah dan Keutamaannya!

Sumber: https://tipscantikan.com/

Advertisements