Advertisements

Selain Tingginya Tingkat Pengangguran, Ini Ciri – Ciri Negara Berkembang Lainnya Yang Mudah Dikenali

Penggunaan istilah negara berkembang berfungsi untuk mengelompokkan perekonomian atau kesejahteraan negara yang masih rendah. Merujuk pada hal itu, tingkat pengangguran masyarakat yang tinggi menjadi salah satu ciri negara berkembang yang paling umum. Masih ada banyak ciri ciri negara berkembang yang mudah dikenali dibawah ini.

Di negara berkembang, pemanfaatan sumber daya manusianya masih relatif rendah jika dibandingkan dengan negara maju. Ada dua hal yang menjadi pemicu tingginya tingkat pengangguran di negara berkembang yaitu adanya pengangguran terselubung dan pengangguran terbuka. 

Yang dimaksud pengangguran terselubung disini adalah tenaga kerja yang ada sudah bekerja dibawah kapasitas optimalnya. Sementara arti dari pengangguran terbuka adalah sebagian masyarakat yang sebenarnya mampu dan sangat ingin bekerja namun tidak tersedia pekerjaan bagi mereka. Karena itu, fenomena tersebut menuntut terciptanya lapangan kerja baru yang sesuai dengan jumlah tenaga kerja. 

Selain tingginya tingkat pengangguran, masih ada ciri – ciri lain dari negara berkembang yang mudah dikenali antara lain :

  1. Rendahnya Standar Hidup

Pertama, yang menjadi ciri – ciri negara berkembang adalah masih rendahnya standar hidup masyarakat jika dibandingkan dengan standar hidup kelompok elit di negara tersebut dan standar hidup di negara maju. 

Standar hidup masyarakat yang rendah di negara berkembang tercermin dari rendahnya pendapatan perkapita negara, kemiskinan yang kronis, kondisi tempat tinggal yang tidak memadai, dan masih sangat terbatasnya sarana kesehatan. 

Hal itu juga bisa dilihat dari rendahnya harapan hidup masyarakat, merasa tidak aman dalam kehidupan bermasyarakat, dan tingginya rasa putus asa. 

  1. Tingginya Tingkat Pertumbuhan Penduduk Dan Beban Tanggungan

Cara paling mudah untuk mengenali suatu negara termasuk dalam kategori negara berkembang adalah tingkat pertumbuhan penduduknya masih tinggi. Menurut United Nations Development (UNDP) 2008, tingkat kelahiran di negara berkembang masih sangat tinggi, yakni sekitar 22 kelahiran per 1000 penduduk. Negara berkembang dinilai kesulitan untuk menekan tingginya tingkat pertumbuhan penduduk tersebut agar menjadi kurang dari 22/1000. 

Dengan demikian, sekitar 5,3 miliar penduduk di dunia merupakan bagian dari negara berkembang, sementara sisanya 1 miliar merupakan penduduk negara maju. 

Advertisements
  1. Tingkat Pendidikan Rendah

Secara umum, ciri – ciri negara berkembang selanjutnya adalah masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat jika dibandingkan dengan tingkat pendidikan di negara – negara maju. 

Tingkat pendidikan yang tinggi menjadi indikator kemajuan suatu negara. Sebab, masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan tinggi bisa menerima pembauran. Mereka bisa mempelajari perubahan dengan mudah dibandingkan dengan masyarakat yang kurang pendidikannya. 

  1. Pengetahuan Dan Perkembangan Teknologi Rendah

Tingkat pendidikan yang rendah di negara berkembang berdampak pada rendahnya pengetahuan dan perkembangan teknologi di lingkungan penduduk. Karena itu, negara sedang berkembang cenderung belum dapat memanfaatkan secara maksimal sumber daya alamnya. 

Karena kemampuan sumber daya manusia dan modal yang masih terbatas membuat negara berkembang menjalin kerjasama dengan negara maju. Negara maju akan menanamkan modalnya di negara berkembang dengan mendirikan industri. 

Lantas negara – negara mana saja yang termasuk dalam kategori negara berkembang? 

Berdasarkan buku bertajuk ‘Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama’ oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat 40 negara di dunia yang termasuk kategori negara berkembang, yaitu : 

Indonesia, Malaysia, Laos, Filipina, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Brunei Darussalam, Timor Leste, Meksiko, Guatemala, Honduras, El Salvador, Panama, Belize, Kosta Rika, Bolivia, Ekuador, Brasil, Kolombia, Venezuela, Argentina, Cile, Uruguay, Paraguay, Peru, Kuba, Haiti, Republik Dominica, Jamaica, Irak, Iran, Turki, Arab Saudi, Yaman, Oman, Lebanon, Suriah, dan India. 

Itu dia beberapa ciri ciri negara berkembang yang dapat anda kenali dengan mudah.

Baca Juga : Ide Bisnis Rumahan Murah untuk Ibu Rumah Tangga

Advertisements