Advertisements
Apa Saja yang Dibaca saat Ziarah Kubur?
Sumber: Detik.com

Salah satu kebiasaan sejumlah umat Islam jelang datangnya bulan Ramadhan adalah melakukan ziarah kubur, ini sekaligus menjadi salah satu tradisi dalam agama Islam di Indonesia. Saat melakukannya, umat muslim dianjurkan membaca doa ziarah kubur demi kebaikan dan keselamatan si mayat di akhirat. 

Bagaimana hukum ziarah kubur? Awalnya Rasulullah SAW pernah melarang umat muslim melakukannya. Namun, kemudian larangan ziarah kubur tersebut di-mansukh atau diperbaiki. Hal itu sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang saat ini menjadi salah satu dasar anjuran melakukan ziarah kubur. 

Artinya : “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).” (HR. Hakim). 

Lantas, bagaimana doa ziarah kubur yang bisa diamalkan umat Islam? Namun sebelumnya, kamu perlu memahami terlebih dahulu tata cara ziarah kubur sesuai sunnah Rasulullah SAW berikut ini :

1. Baca Salam

Assalamu’alaikum dara qaumin mu’mÌniin wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa Ìnna Ìnsya-Allahu bÌkum lahÌqun. 

Artinya : “Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

2. Baca Istighfar

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi. 

Artinya : “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

  • Baca surat Al-Qadar 7 kali. 
  • Baca surat Al-Fatihah 3 kali. 
  • Baca surat Al-Falaq 3 kali. 
  • Baca surat An-Nas 3 kali. 
  • Baca surat Al-Ikhlas 3 kali. 
  • Baca Ayat Kursi 3 kali. 
  • Baca kalimat tahlil.

Laailaaha illallah

Artinya : “Tiada Tuhan selain Allah.”

Advertisements
  • Mendoakan mayat di alam kubur. 
  • Membersihkan makam. 

Adapun doa ziarah kubur singkat yang bisa dibaca umat muslim saat mengunjungi makam adalah sebagai berikut : 

Tradisi Ziarah Kubur Saat Lebaran, Sains Jelaskan Manfaatnya Halaman all -  Kompas.com
Sumber: Kompas.com
  1. Doa Ziarah Kubur Singkat Memohon Keselamatan Mayat

Bacaan Latin : Assalamu ‘alaikum ahlad diyaari minal mu ‘miniina wal muslimiin, wa innaa in syaa alloohu bikum laahiquun, nas ‘alullooha lanaa wa lakumul ‘aafiyah.

Artinya : “Keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada para penghuni kubur dari golongan orang – orang mukmin dan orang – orang muslim, dan sesungguhnya Insya Allah kami akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan untuk kami dan untuk kalian semua.” (HR Muslim).

  1. Doa Ziarah Kubur Singkat Agar Mayat Dijauhkan Dari Azab

Bacaan Latin : Allaahumma innii as-aluka bihaqqi Muhammadin wa aali Muhammad an laa tu’adzdziba haadzal may-yit.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.”

  1. Doa Ziarah Kubur Singkat Agar Allah Memberi Rahmat-Nya

Bacaan Latin : Allaahumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin raw’atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghnii bihaa ‘an rahmatin min siwaaka, wa alhiqhu biman kaama yatawallaahu. 

Artinya : “Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannnya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.”

Itulah 3 bacaan latin doa ziarah kubur singkat dan artinya. Amalkan doa ziarah kubur diatas untuk keselamatan orang – orang yang sudah meninggal dunia. 

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahajud dan Sholat Witir yang Wajib Anda Tahu!

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Advertisements