Advertisements
Berita Bali Hari Ini Terkait Bantuan Sosial

Sejak di Indonesia terkonfirmasi kasus pertama infeksi corona penyebab Covid-19 pada awal Maret 2020 yang lalu. Hampir seluruh sektor terdampak, bukan hanya kesehatan. Sektor ekonomi pun mengalami dampak yang cukup serius akibat pandemi Covid-19 ini. Hal ini cukup berat terutama bagi masyarakat menengah ke bawah. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah memberikan berupa bantuan sosial yang diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat.  

Nah, dalam tulisan kali ini akan memberikan berita Bali terbaru terkait pembagian bantuan sosial di Bali sebagai berikut :

  1. Gubernur Koster Serahkan Bantuan Sembako Untuk Warga Denpasar Yang Terdampak Covid-19

Gubernur Bali Wayan Koster telah menyerahkan penyaluran bantuan secara simbolis pada warga Denpasar yang terdampak virus corona. Bantuan yang berupa sembako ini diserahkan kepada perwakilan masyarakat pada Rabu (20/5) di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar. 

Kegiatan pemberian bantuan sosial ini bisa terlaksana berkat adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dengan BUMN serta sektor perbankan yang bertujuan untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi virus corona.  

Selain itu, Gubernur Koster juga memastikan bahwa pemberian bantuan paket sembako berupa beras, minyak, mie, telur, mie instan, dan lain-lainnya ini akan tepat sasaran.

“Kita berupaya agar bantuan semacam ini bisa mencakup komponen masyarakat Bali yang sama-sama terkena dampak dari Covid-19,” ujarnya. 

  1. Uji Swab/PCR Wajib Bagi Penumpang Pesawat Yang Masuk Bali

Dewa Made Indra, selaku Sekda Provinsi Bali sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali mengikuti rapat koordinasi virtual melalui video conference (vicon) yang digelar Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Kamis (21/5/2020). Rakor ini sendiri membahas tentang mekanisme pelaksanaan wajib hasil SWAB/PCR negatif bagi para penumpang pesawat yang akan berkunjung ke Bali sesuai Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : UM.101/002/DRJU.KSHIU 2020 tanggal 20 Mei 2020. 

Advertisements

Sementara itu, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Elfi Amir yang menjadi inisiator rakor menyampaikan bahwa Surat Ditjen Perhubungan terkait pemberlakukan wajib hasil SWAB/PCR negatif bagi penumpang pesawat ke Bali adalah respon terhadap Surat Gubernur Bali Nomor 550/3653/Dishub, tertanggal 18 Mei 2020. 

Elfi juga menegaskan, surat Gubernur Bali tersebut direspon dengan cepat oleh Menteri Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara yang mengeluarkan surat ditujukan kepada Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV.  

  1. Ny Putri Koster Serahkan Bantuan 410,9 Ton Beras dan 90000 Masker Kain

Ny Putri Suastini Koster, selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Bali menyerahkan bantuan berupa beras sebanyak 410,9 ton dan 90000 pcs masker kain kepada warga yang terdampak pandemi virus corona. 

Bantuan tersebut dibagian pada 10.000 kader PKK dan 6.436 perajin yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali. Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Ny Putri Koster kepada para Ketua TP PKK/Dekranasda kabupaten/kota se-Bali, di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jayasabha Denpasar, Sabtu (23/5).  

Dekranasda sendiri merupakan organisasi yang memayungi, mengembangkan produk kerajian dan usahanya serta berupaya meningkatkan kehidpuan pelaku usaha yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah di Pulau Bali. 

Sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny Putri Koster meminta para perajin supaya mereka tetap berkarya dan bekerja di rumah. Di masa pandemi ini dituntut untuk terus bisa berinovasi, berkreativitas serta memanfaatkan teknologi sebagai sarana guna mempromosikan produk, sehingga para perajin tetap bisa mendapatkan pemasukan. 

Advertisements